Featured [Opini] Mengapa Seri Uncharted Sudah Sewajibnya Berakhir Bag.2

Discussion in 'Berita' started by GAMEXEON, 3 Feb 2016.

  1. GAMEXEON

    GX Author
    Staff Member
    Expand Collapse

    Joined:
    22 Nov 2015
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    #1 GAMEXEON, 3 Feb 2016
    Last edited by a moderator: 4 Feb 2016
    Di artikel bagian pertama, kita udah sedikit mengupas tentang dipilihnya Libertalia sebagai latar tempat petualangan Nate kali ini. Namun apakah pilihan Nate untuk menjelajah legenda Libertalia merupakan keputusan yang tepat?

    KELUARGA ADALAH SEGALANYA

    [​IMG]

    Konsep cerita tentang menyeimbangkan passion dan ikatan keluarga, harta karun dan konsekuensinya, merupakan masalah klasik yang bisa dialami siapa aja. Pilihan antara memprioritaskan perkembangan karir, atau memilih menghabiskan waktu bersama orang tersayang, problematika yang selalu dihadapi kebanyakan orang dewasa manapun. Mau semendukung apapun keluarga terhadap keputusan kita, akan selalu ada pengorbanan yang menyebabkan sebuah pilihan sulit. Ada beberapa urusan pekerjaan yang harus ditinggalkan untuk urusan keluarga, begitu pula sebaliknya.

    Sepertinya itu juga yang dirasakan oleh rekan-rekan developer di studio Naughty Dog. Apalagi bekerja mendekati deadline tanggal rilis game, pastinya akan banyak menyita waktu bersama keluarga karena fokus bekerja di studio.

    Sebenarnya, Neil Druckmann sempat merasa enggan menunda jadwal rilis Uncharted 4 hingga 26 April 2016. Tapi mungkin belum separah diundurnya The Last Of Us. Tapi bagi developer manapun pasti merasa, seburuk-buruknya menunda jadwal rilis game, lebih buruk lagi rasanya merilis game yang belum jadi ke para penggemar. Ga mau kan di seri Uncharted terakhir ini ending-nya berkesan biasa aja?

    [​IMG]

    [​IMG] [​IMG]
    Akhir perjalanan Nate di seri Uncharted udah ga bisa dihindari lagi. Franchise IP Uncharted udah berusia terlalu lama. Makanya ga heran subtitle seri Uncharted 4 adalah “A Thief’s End“. Tampaknya Uncharted 4 akan berakhir dengan ending “cerdas” layaknya sederet film karya Christopher Nolan (Inception, The Dark Knight Rises, Interstellar, dll.).


    And if things are left dangling, they’re left dangling for a reason. Not to set up a sequel, but they’re left dangling to raise interesting questions about the theme of what it is you’ve just experienced. The other thing is that an ending needs to be, on one hand, surprising, and yet, in hindsight, inevitable. When you look back at it, it should seem really obvious that everything led to that point, and yet when it happens you should not be able to guess exactly how things are going to play out. – Neil Druckmann

    Tersirat dari kutipan pernyataan Neil Druckmann terkait ending Uncharted 4 tersebut, pemain akan dibuat berimajinasi dengan bertanya-tanya sendiri, bagaimana sebenarnya akhir kisah petualangan Nate sesuai persepsi masing-masing gamer.

    Bagi yang mengikuti seri Uncharted dari awal, mungkin kalian adalah saksi di mana Nate tumbuh dengan pola pikir yang makin dewasa. Apa aja yang mempengaruhi Nate hingga jadi diri Nate yang sekarang. Dan apakah orang seperti Nate masih bisa berubah dengan pengaruh orang tersayang di sekitarnya? Pertanyaan seperti itu lah yang harus terjawab di seri terakhir Uncharted ini.

    [​IMG]

    Kebayang kan betapa emosionalnya hari-hari terakhir syuting bagi Nolan North (Nathan Drake), Emily Rose (Elena), Richard McGonagle (Sully), dan beberapa aktor/aktris lain yang udah terlibat dalam proyek ini selama sekitar 10 tahun ke belakang?

    CERITA TITIK DARAH PENGHABISAN

    [​IMG]

    Bukan titik darah seperti itu yang dimaksud. Tapi para fans seri Uncharted boleh sedikit berbahagia, karena cerita Nate ga akan berakhir begitu cepat bulan April nanti. Sempat ada wacana Naughty Dog akan merilis episode tambahan berupa DLC Singleplayer yang akan dirilis sepanjang 2016. Hanya saja seperti apa plot cerita secara garis besar, Naughty Dog sendiri belum tahu itu, karena tim developer-nya masih sibuk mempoles game Uncharted 4 itu sendiri. Paling ga, akan ada cukup konten buat mengisi fase kangen-kangenan setelah beres menamatkan Uncharted 4 nantinya.

    [​IMG]

    Semoga saja ending Uncharted 4 bisa meninggalkan kesan mendalam bagi para fans, seperti yang diharapkan tim Naughty Dog. Mungkin dari cerita Uncharted 4, akan ada orang yang melihat cerminan hidupnya dan orang di sekitarnya, tergerak untuk membuat video game atau film yang kualitasnya terinspirasi oleh game ini, ga henti-hentinya membicarakan betapa mengesankannya Uncharted 4 bahkan setelah bertahun-tahun lamanya.


    I hope people leave the game talking about that. – Neil Druckmann

    images: wccftech.com | vgphile.at | meristation.com | giphy.com | gamerssphere.com | gadgetslane.com

    [​IMG] [​IMG]

    Denny Aryadi
     

    Attached Files: