Featured [Opini] Mengapa Seri Uncharted Sudah Sewajibnya Berakhir Bag.1

Discussion in 'Berita' started by GAMEXEON, 2 Feb 2016.

  1. GAMEXEON

    GX Author
    Staff Member
    Expand Collapse

    Joined:
    22 Nov 2015
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kenapa Uncharted 4 berpotensi untuk jadi game terbaik sepanjang masa buatan Naughty Dog, sekaligus jadi seri Uncharted yang terakhir? Di artikel inilah kalian akan pahami alasannya.

    Apakah mungkin karena Uncharted 4 adalah seri terbaru hasil karya Naughty Dog? Bisa jadi. Karena makin ke sini, pengalaman tim Naughty Dog makin bertambah. Wajar aja kalau hal itu mempengaruhi kualitas seri game Uncharted secara keseluruhan. Ga terasa udah 8 tahun berjalan, tim Naughty Dog mengembangkan seri Uncharted hingga sekarang. Ga heran mereka makin paham gimana caranya bercerita melalui medium platform yang baru.

    [​IMG]

    Sekarang dengan semua bekal ilmu yang didapat selama pengembangan seri Uncharted terdahulu, ga terkecuali The Last Of Us, rasanya Uncharted 4 bakal bisa jauh lebih personal dan intim, terutama dari segi cerita. Udah sekian lama fans Uncharted bertualang bareng Nathan “Nate” Drake. Kini udah saatnya para fans tahu kisah hidup Nate yang sebenarnya.

    [​IMG]

    Sebagai penulis sekaligus sutradara, Neil Druckmann tahu persis bahwa kekuatan seri Uncharted terdapat di plot ceritanya. Segala sesuatunya pun berkiblat pada kualitas cerita Uncharted. Bukan semata-mata sebatas naskah dialog aja, tapi juga penceritaan akan ikatan emosional antar karakter di dalamnya. Bagaimana hubungan ini berkembang melalui petualangan yang mereka lewati bersama. Bagaimana hubungan kasih sayang selayaknya antara orang tua dan anak, yang terlihat dari Nate dan Sully. Perasaan emosional ini dikisahkan melalui gaya penceritaan yang sinematis, baik dari gameplay, musik, akting, dan aspek pendukung lainnya.


    Ketika pertama kali trailer Uncharted 4 ditampilkan ke publik di ajang E3 2014 lalu, para fans yang jeli pasti udah paham tema yang diangkat dalam Uncharted 4 secara garis besar. Pilihannya Nate cuma dua. Antara mengejar passion-nya dalam perburuan harta karun dan identitas dirinya, atau lebih memprioritaskan untuk bersama dengan orang yang dicintai. Dari tema itu, semuanya mengacu pada dua konsep sederhana tersebut.

    HARTA TERPENDAM LIBERTALIA

    [​IMG]

    Ga ada fans yang ga tahu bahwa selain melibatkan konflik emosional tiap karakter, seri Uncharted juga mengambil tema seputar mitos terkait harta peninggalan bersejarah, dari peradaban yang sering diperbincangkan orang. Sebut aja legenda El Dorado (Uncharted: Drake’s Fortune), Kerajaan Shambhala dan Batu Cintamani (Uncharted: Among Thieves), kota yang hilang Iram Of The Pillars (Uncharted 3: Drake’s Deception), dan yang terakhir seputar legenda harta karun bajak laut di Libertalia (Uncharted 4: A Thief’s End).

    Libertalia sendiri adalah koloni bajak laut legendaris, yang bisa jadi hanyalah karangan orang belaka. Tempat ini tercantum dalam sebuah buku berjudul A General History Of The Pyrates karangan Kapten Charles Johnson, yang juga diyakini adalah identitas lain dari penulis novel Robinson Crusoe, Daniel Defoe. Ga semuanya yang berhubungan dengan bajak laut dalam buku tersebut bisa dipercaya dan dipertanggunjawabkan kebenarannya.

    Terlepas dari itu, tema bajak laut selalu menarik untuk dibahas bagi sebagian orang. Perjalanan mengarungi lautan, berlabuh dari pulau ke pulau, menemukan dan menyembukian harta karun dari kelompok perompak lain. Bukankah itu petualangan yang romantis? Bagi kebanyakan orang abad 16 hingga 18, membaca kisah bajak laut merupakan salah satu hiburan di mana mereka bisa berfantasi akan kisah petualangan penjelajah lautan. Dan Libertalia lah yang sepenuhnya mampu mewakili imajinasi tersebut.

    [​IMG]

    Libertalia digambarkan sebagai sosok tempat di mana tiap lelaki sejati terlahir merdeka, bebas menghirup udara bebas terlepas dari status sosial dan pangkat yang mereka punya. Mereka berbagi timbunan harta dan kekayaan dalam satu wadah. Dan di tempat yang disebut “surga” inilah, tiap lelaki adalah sederajat dan sama makmurnya layaknya keturunan bangsawan yang hidup bersama dengan para budak merdeka. Betul-betul sebuah konsep masyarakat sosial yang dianggap sempurna pada masanya.

    KEPUTUSAN BIJAKKAH KEMBALI BERBURU HARTA KARUN?

    [​IMG]

    Seperti yang udah gw bilang sebelumnya, selain bertemakan perburuan harta karun, Uncharted juga merangkul para gamer untuk fokus pada kisah hubungan antar karakternya. Sama seperti kehidupan kebanyakan orang yang bekerja keras hanya untuk bertahan hidup. Banyak peraturan hukum yang harus dipatuhi jika ga pengen kena masalah. Tapi beda dengan perompak. Mereka bebas dan hidup dengan aturannya sendiri.

    Itulah pesan yang kurang lebih tersirat dari Uncharted 4 ini. Naughty Dog sepertinya pengen Uncharted 4 jadi media di mana penikmat topik bajak laut bisa berfantasi akan kerennya petualangan hidup sebagai perompak. Meski Nate sempat memutuskan pensiun dari dunia perburuan harta karun dan hidup bahagia bersama Elena, tampaknya takdir berkata lain. Kedatangan Sam, kakaknya, menarik Nate untuk kembali bertualang. Setidaknya untuk terakhir kali, katanya.

    Tapi seperti yang mungkin kalian sadari. Segala sesuatu yang menyangkut keputusan dalam hidup adalah sebuah pilihan. Begitu pula jika udah ngomongin soal harta. Nate boleh saja mengejar gaya hidup berburu harta karun seperti dulu, tapi pasti akan ada konsekuensi atas keputusan yang dia ambil. Kehidupan nyata perompak bukanlah tanpa cobaan dan rintangan keras. Menghabiskan hidup di laut, banyak berbuat culas, jadi buronan pemerintah, dibayang-bayangi hukuman penjara dan gantung ketika berlabuh di kota besar, seperti itulah sekiranya kerasnya kehidupan bajak laut.

    [​IMG]

    Apakah Nate mengambil keputusan yang bijak dalam perjalanannya di Uncharted 4 ini?

    Bersambung di artikel [Opini] Mengapa Seri Uncharted Sudah Sewajibnya Berakhir Bag.1

    images: polygon.com | playstationlifestyle.net | gamestar.hu | expertreviews.co.uk | dualshockers.com | gamespot.com | allthingsuncharted.com



    [​IMG] [​IMG]

    Denny Aryadi