Featured Fakta A-Z Fallout 4 yang Kamu Perlu Tahu

Discussion in 'Berita' started by GAMEXEON, 11 Jan 2016.

  1. GAMEXEON

    GX Author
    Staff Member
    Expand Collapse

    Joined:
    22 Nov 2015
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bulan November lalu, Fallout udah rilis di pasaran. Meski nama besar Fallout cukup dikenal kalangan gamer dunia, ga ada salahnya gw mengajak kalian mengenal lebih dekat dunia Fallout 4 dari A-Z sebelum main gamenya lebih jauh.

    A FOR APOCALYPSE

    [​IMG]

    Dari dulu Fallout ga bisa lepas dari tema apocalypse yang menyorot sisi kehidupan umat manusia setelah pasca bencana nuklir yang meluluh-lantakkan kota Boston. Bukan bencana ledakan nuklir-nya lah yang mengerikan. Justru kondisi pasca insiden tersebut yang jadi mimpi buruk sebenarnya.

    B FOR BOSTON

    [​IMG]

    Sebelum rilis di pasaran, dari sekian banyak rumor mengenai Fallout 4 yang bisa dipastikan kebenarannya adalah lokasi kota yang akan jadi latar tempat game Fallout 4 terpusat. Boston terpilih karena merupakan salah satu kota yang kaya akan sejarah dan pusat pengembangan dan inovasi teknologi di Amerika. Bahkan beberapa staf Bethesda asal Boston mengaku sempet rindu akan kampung halaman mereka semasa pengembangan game ini.

    C FOR CRAFTING

    [​IMG]

    Tema Apocalypse ga bisa terpisah dari yang namanya scrapping alias ngumpulin sisa barang dari puing-puing pasca bencana. Buat apalagi ngumpulin item rongsokan kalo ga buat crafting? Crafting jadi elemen yang ga bisa lepas kalo mau bertahan hidup di dunia Fallout 4. Ga mau kan pulang cuma tinggal nama abis ketemu Ghoul?

    D FOR DOGMEAT

    [​IMG]

    Kembalinya Dogmeat pastinya bikin fans Fallout pecinta anjing kesengsem. Siapa yang ga mau punya partner hewan yang dikenal sebagai sahabat dekat manusia yang paling setia ini? Sebagai keturunan German Shepherd, Dogmeat membuktikan dirinya sebagai rekan bertualang yang bisa diandalkan. Menggeram saat merasa ada bahaya, menggonggong saat ancaman mendekat, mengambil item dari tempat yang sulit dijangkau, dan membantu menyerang musuh jadi bukti bahwa Dogmeat jauh lebih bisa dipercaya dibanding sekelompok manusia di dunia Fallout 4. Pengambilan animasi gerakan Dogmeat yang langsung direkam dengan teknologi mocap, turut melipatgandakan kesan seekor partner anjing asli yang gemesin pastinya.

    E FOR ENGINE

    [​IMG]

    Fallout 4 masih menggunakan game engine yang sama dengan Fallout 3. Hanya saja Gamebryo engine versi Fallout 4 udah banyak dimodif dan disesuaikan dengan teknologi hardware generasi sekarang. Ga heran tampilan grafis Fallout 4 bisa lebih greget, berwarna, dan sinematis dibanding pendahulunya.

    F FOR FPS

    [​IMG]

    Perubahan yang paling signifikan bisa dilihat dari pengambilan sudut pandang gameplay shooting pemain. Kalo sudut pandang kamera seri pendahulunya lebih didominasi unsur baku tembak a la RPG, di Fallout 4 lebih berasa menegangkan. Selain sudut pandang FPS ikut menambah ketegangan karena keterbatasan visual pemain, permainan yang lebih fast-paced juga bikin gameplay jadi lebih seru. Bayangin aja lari mundur pas dikejar Behemoth dengan sudut pandang orang pertama, siapa yang ga bakal ngibrit tunggang-langgang?

    G FOR GENETICS

    [​IMG]

    Mode editor karakter Fallout layaknya game WRPG umumnya dijamin bikin penyuka fitur kustomisasi karakter betah ngedit berlama-lama. Selain bisa ngedit penampilan karakter utama cowo dan istrinya di awal game, nantinya wajah bayi dari keduanya akan otomatis terbentuk dari algoritma pengaturan tampilan karakter keduanya. Keren ya! Hmm.. kalo muka suaminya diedit mirip Nicholas Saputra dan istrinya mirip Dian Sastrowardoyo, gimana muka anaknya ya? Hahaha!

    H FOR HUMANITY

    [​IMG]

    Persoalan moralitas klise yang timbul ketika sebuah peradaban terancam musnah adalah nilai kemanusiaan yang tertinggal dari manusia itu sendiri. Apakah manusia akan lebih mengutamakan ego pribadinya? Atau justru berusaha tetap merangkul sesama survivor untuk berjuang bersama melawan para mutan? Hal ini akan selalu jadi pilihan sulit yang akan dialami tiap umat manusia dalam hidupnya.

    I FOR IDIOSYNCRASY

    [​IMG]

    Seri game Fallout selalu berhasil bikin penggemar sci-fi tenggelam ke dalam kebiasaan aneh melalui eksplorasi dalam gamenya sendiri. Ga jarang hal ini jadi sebuah kebiasaan aneh gamer yang seolah-olah minta untuk diekspos ke media sosial dunia digital. Kebayang ga sampe ada yang meneliti pose-pose unik tengkorak di game Fallout 4 sebenarnya lagi ngapain sebelum meninggal akibat ledakan nuklir? Ga kepikiran kan? Coba tonton aja video di bawah ini.


    J FOR JUNK

    [​IMG]

    Sampah belum tentu ga ada gunanya. Bagi sebagian orang yang kurang beruntung (kena bencana nuklir termasuk kurang beruntung kan?), sampah bisa didaur-ulang dan dirakit jadi berbagai benda bermanfaat. Dengan hal ini, terang aja game bertema apocalypse sejenis Fallout banyak mengajarkan nilai moral bagi kita. Bahwa sampah kita adalah manfaat bagi orang lain. #ciegitu

    K FOR KARMA

    [​IMG]

    Di dunia pasca bencana yang menuntut manusia mempertahankan moralitasnya, sistem karma jadi elemen tolok ukurnya ketika pemain bebas melakukan apapun untuk karakternya. Seberapa baik atau buruk tabiat karakter yang kita kendalikan akan berpengaruh terhadap reputasi di mata karakter lain. Tinggal pilih, mau banyak temen atau musuh?

    L FOR LOVE

    [​IMG]

    Masalah utama ketika berhadapan dengan isu “manusia hampir musnah”, tentu ga jauh dari masalah kependudukan. Masalah kependudukan juga ga bisa lepas dari yang namanya reproduksi. Kalo udah menyangkut reproduksi, manusia ga lepas dari yang namanya romansa dan hubungan seksual. Karakter utama kalian bisa menjalin hubungan romansa dengan lawan jenis di dunia Fallout 4, di samping tetep fokus bertahan hidup di dunia penuh radiasi yang kejam. Yah, sesekali “fllirting” boleh lah. Hehe.

    M FOR MOD

    [​IMG]

    3 huruf yang bikin gamer tukang oprek senyum sumringah. Gimana engga? Baik versi PC maupun konsol Fallout 4 mendapat dukungan penuh mod oleh Bethesda. Efek dari dukungan mod ini tentunya beragam. Ga cuma berpotensi ningkatin kualitas visual yang makin renyah, tapi juga dari segi gameplay bisa jadi lebih asik berkat tangan modder yang kreatif. Semenarik apa masa depan mod Fallout 4, kita tunggu aja ke depannya.

    N FOR NOT ENOUGH

    [​IMG]

    Citra “Goodbye Life” ketika gamer udah nemu game open-world yang kontennya berasa ga pernah habis, udah sering kita denger. Yang pasti ga bakal cukup waktu sehari dua hari buat menjelajah dunia Fallout 4 hanya dengan sekali main. Ga akan pernah cukup sodara-sodara!

    O FOR OPEN WORLD

    [​IMG]

    Luasnya dunia Fallout 4 untuk dijelajah jadi ladang staf Bethesda untuk menanam “misteri” di segala penjuru. Bisa dipastikan bakal begitu banyak easter-egg dan entah rahasia aneh apalagi yang bisa ditemukan.

    P FOR PIP-BOY

    [​IMG]

    Di artikel GameBeat: Happy Birthday, kita udah pernah bahas dikit soal benda unik bernama Pip-Boy. Mungkin bagi umat manusia penghuni dunia Fallout, beranjak ke usia 10 tahun adalah masa paling keren. Kenapa? Karena umur 10 tahun menunjukkan bahwa naluri bertahan hidup udah harus ditanamkan sejak dini. Gadget Pip-Boy jadi salah satu penanda sekaligus asisten bahwa seorang bocah 10 tahun di Fallout udah siap belajar jadi survivor menghadapi kejamnya dunia luar.

    Q FOR QUEST

    [​IMG]

    Selain menjalankan misi utama membalaskan dendam istri dan mencari anaknya yang diculik, pemain juga bakal nemu banyak quest sampingan untuk menghabiskan mengisi waktu luang.

    R FOR REVISIT

    [​IMG]

    Sama seperti Skyrim, Fallout 4 punya seribu alesan buat kalian mainin game ini berulang kali mengingat dunianya yang luas. Ada beberapa ending yang bisa ditonton, tergantung dari keputusan pemain dalam menjalankan misi tertentu.

    S FOR SURVIVE

    [​IMG]

    Punya Dogmeat sebagai rekan dan Pip-Boy sebagai gadget serbaguna, bukan berarti hidup karakter kalian terjamin. Tanpa skill bertahan hidup yang mumpuni, jangan harap bisa bertahan hidup lama di dunia Fallout 4. Bahaya selalu mengintai di tiap sudut jalan.

    T FOR TRAPS

    [​IMG]

    Di mana terjadi kekurangan pasokan kebutuhan hidup di lokasi pasca bencana, maka akan selalu ada persaingan antar kelompok yang berpotensi menimbulkan konflik. Dan di mana ada konflik, akan selalu ada kontak senjata yang aktif maupun pasif, seperti jebakan misalnya? Kewaspadaan pemain dalam melangkah akan sangat diuji supaya bisa menghindari beragam jebakan yang bisa membunuh karakter kapanpun.

    U FOR ULTRA WEAPON

    [​IMG]

    Bagi gamer Fallout mungkin cukup familiar dengan koleksi persenjataan yang ada. Senjata kinetik, laser, plasma, mini nuklir. Makin banyak bahan persenjataan yang terkumpul, kalian bisa merakit senjata paling mematikan buat bikin gemetar lutut musuh.

    V FOR VATS

    [​IMG]

    V.A.T.S. alias Vault-Tec Assisted Targeting System cukup mengubah gaya permainan game Fallout, dari yang tadinya RPG-oriented jadi lebih berasa game FPS. Slow-motion tampaknya makin ngetren untuk game bernuansa baku tembak. Dengan V.A.T.S., pemain bisa mengukur persentase kesuksesan serangan dalam momentum gerak lambat begitu alat ini aktif. Sangat menguntungkan bagi tipe pemain yang kurang lihai mengambil keputusan dalam situasi mendesak.

    W FOR WAR

    [​IMG]

    Terbentuknya kelompok yang merasa satu visi & misi, berarti berpotensi timbulnya ketidakcocokan dengan kelompok lain yang bisa berujung bentrok. Bermula dari bentrok bisa berakhir dengan peperangan ketika udah menyangkut kepentingan yang lebih besar. Apa yang lebih buruk dibanding terjebak di antara kerumunan mutan haus darah dan kepentingan ego oknum tertentu dalam kondisi pasca bencana nuklir?

    X FOR XENOBIOLOGY

    [​IMG]

    Wabah zombie bisa jadi mitos dan mustahil untuk terjadi dalam waktu dekat, tapi mutasi itu benar adanya. Ilmu Xenobiology bakal berguna bagi kalian memahami asal-muasal makhluk hidup mengerikan macam apa yang kalian temui selama bertualang, seperti Deathclaws, Yao Guai, Mole rat, Radscorpion, hingga Bloodbug. Mungkin dunia Fallout perlu dihancurkan dengan serangan nuklir lagi untuk membasmi makhluk-makhluk mengerikan ini.

    Y FOR YES FOR VAULT BOY

    [​IMG]

    Kehadiran Fallout ga lengkap tanpa si maskot, Vault Boy yang terkenal dengan kedipan dan jempol mungilnya. Vault Boy adalah maskot dari perusahaan Vault-Tec yang muncul di tiap iklan, petunjuk penggunaan, produk, dan video pelatihan.

    Z FOR ZOMBIE?

    [​IMG]

    Zombie dan Ghoul merupakan dua makhluk yang berbeda meski punya kemiripan. Zombie memang berwujud jasad makhluk hidup yang bergerak tanpa jiwa dan keinginan bebas. Sedangkan Ghoul merupakan mutan yang menyerupai jasad makhluk hidup berjalan, dan masih punya insting layaknya hewan untuk menyerang dan mengkonsumsi daging manusia.

    [​IMG]

    Setelah membaca artikel ini, pemahaman kalian tentang dunia Fallout 4 pasti bertambah. Dengan ini gw bisa bilang,”Now you are ready to start your journey into the Wasteland, my boy!

    images: vg247.com | gamespot.com | polygon.com | fallout.wikia

    [​IMG] [​IMG]

    Denny Aryadi